Monday, February 6, 2017

Mengenal Algoritma

Dalam sehari-hari kita tentu sering melakukan sebuah aktiviatas. Sejumlah langkah kita lakukan untuk menyelesaikan aktivitas tersebut. Dan uniknya, dua orang melakukan tujuan yang sama belum tentu melakukan cara yang sama.


masalah algoritma


Misalnya ada dua orang yang membuat mie  (A dan B).

Berikut langkah langkah yang dilakukan:


Yang A lakukan

  1.   Rebus mie di air mendidih selama 3 menit sambil diaduk.
  2.  Sementara mie direbus, campurkan bubuk, minyak bumbu kedalam mangkok.
  3.  Tuangkan mi ke mangkok.
  4.  Taburkan mie dengan bawang goreng
  5.   Mie siap dihidangkan

Yang B lakukan

  1.  Rebus mie di air mendidih selama 3 menit sambil diaduk.
  2. Sementara mie direbus, campurkan bubuk, minyak bumbu kedalam mangkok.
  3. Tuangkan mi ke mangkok
  4. Tambahkan saus dan kecap sesuai selera.
  5. Mie siap dihidangkan.

Sekilas yang dilakukan A dan B terlihat sama. Hanya pada urutan ke 4 yang berbeda. Akan tetapi langkah ini menghasilkan tujuan yang sama. Yang dilakukan A pada langkah keempat menambahkan bawang goring sementara si B menambahkan saus dan kecap.


Demikian gambaran sederhana tentang algoritma memasak mie. Terdapat target yang hendak dicapai (masak mie), terdapat input (mie dan bumbu), terdapat sarana (kompor dan panci) dan semuanya menghasilkan output yang sama (makan mie).


Jadi apa itu Algoritma? Algoritma adalah cara yang dapat ditempuh oleh computer dalam mencapai tujuan , terdiri atas langkah-langkah yang terdefinisikan dengan baik, menerima input, melakukan proses dan menghasilkan output.


Mengapa kita harus belajar algoritma? Mudah saja, untuk mengajari computer apa yang tidak bias dilakukan computer, kerena komputer itu tuli, buta, dan tidak mempunyai perasaan.

Ketika mendengar bahwa seorang programmer sedang membuat program komputer, sebenar yang dilakukan merancang sejumlah proses, merancang sebuah proses untuk algoritma tersebut, dan menulisnya kedalam bahasa pemrograman. Ketika program dijalankan user, computer akan melakukan langkah-langkah persis yang dilakukan oleh programmer tersebut.

Algoritma yang baik dan benar


Setelah memahami tentang algoritma, berapa algoritma yang dibutuhkan untuk memecahkan masalah? Bervariasi, tetapi banyak sekasli algoritma  yang diciptakan untuk memecahkan satu  masalah tertentu.


Sebuah algoritma dikatakan benar jika algoritma menghasilkan output yang benar untuk semua kemungkinan input.
Dalam perkembangannya, algoritma yang benar saja sering kali tidak cukup. Tetapi juga dibutuhkan algoritma yang baik.

Sebuah algoritma dikatakan BAIK apabila seluruh proses didalamnya efisien untuk menghasilkan solusi dalam waktu sesinkat-sinkatnya dengan mengunakan resource seminal mungkin.
Jadi, sudah siap untuk mengenal algoritma lebih jauh J





0 comments:

Post a Comment